BREAKING

Kamis, 20 November 2014

SERUNI : Batalkan Penaikan Harga BBM



Untuk pertama kali dalam sejarah, harga BBM naik ketika harga minyak dunia turun. Presiden terpilih Jokowi dan cabinet kerja mengumumkan hal tersebut kemarin tanggal 17 November 2014, pukul 21.00 WIB. Dengan dalih mengalihkan subsidi pada sector-sektor produktif, Jokowi dan kabinetnya tidak merasa harus mempertimbangkan lebih jauh mengenai keputusan ini. Buktinya, rakyat sama sekali tidak didengar oleh rejim bebal JKW-JK. Harga BBM jenis solar dan premium naik sebesar 36,4% terhitung mulai tanggal 18 November 2014 pukul 00.00. harga premium yang tadinya Rp 6500,- menjadi Rp 8500,- sedangkan solar yang tadinya Rp 5500,- menjadi Rp 7500,-. Sementara harga minyak dunia saat ini tengah turun di level US$ 77/barel. 

Pengumuman yang tiba-tiba tanpa disertai perundingan panjang dengan berbagai pihak semisal DPR dan lembaga lainnya membuat masyarakat dilanda kepanikan. Bisa dibayangkan bagaimana masyarakat semakin terbebani dengan daya beli dan harga kebutuhan pokok yang tidak seimbang. Perempuan adalah pihak yang paling terkena dampak dari penaikan harga BBM ini. Harga yang kian melambung membuat perempuan harus memutar otak untuk menyiasati pemenuhan kebutuhan keluarga. Dimulai dengan mengurangi gizi makanan seperti mengurangi konsumsi protein dari lauk pauk dan sebagainya. Sehingga berdampak pada seluruh anggota keluarga terutama anak-anak dalam masa pertumbuhan. Negara Indonesia adalah Negara penghasil minyak dan gas. Ironinya, di Negara penghasil minyak dan gas ini masyarakat harus mengakses dua hal tersebut dengan harga mahal. 

Penyebabnya adalah ladang-ladang minyak di Indonesia 90% dikuasai oleh asing. Apa yang terbersit dalam benak kita ketika menghadapi kenyataan ini? Jawabanya adalah pemerintah tidak benar-benar menggunakan sumber daya energi yang dimilki untuk kepentingan rakyat. Sehingga setiap hari rakyat terancam oleh kenaikan harga BBM karena kebijakan impor dan ketergantungan terhadap asing.

Oleh karena itu, Serikat Perempuan Indonesia (Seruni) Jawa Barat menyatakan sikap atas penaikan harga BBM per 18 November 2014 “Batalkan penaikan harga BBM!”.

Kolektif Pimpinan Seruni

Foto : FPR

About ""

SERUNI atau Serikat Perempuan Indonesia adalah organisasi perempuan yang memiliki cita-cita kesetaraan gender dan kehidupan lebih baik bagi perempuan Indonesia.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 SERUNI
Design by FBTemplates | BTT