BREAKING

Selasa, 18 November 2014

Seruni Keliling Indonesia Gugat Kedaulatan Pangan

BANDUNG, KabarKampus - Serikat Perempuan Indonesia (Seruni) meluncurkan program jurnal keliling perempuan (women’s travelling journal) di Gedung Indonesia Menggugat, Bandung, (21/08/2014). Sesuai dengan nama programnya, Jurnal Keliling Perempuan ini akan berkeliling ke lima provinsi di Indonesia.
Seruni akan memulai perjalanan dari Jambi menuju Riau, Kalimantan Barat, Jawa Timur dan akan berakhir di Jawa Barat. Mereka akan berpindah tempat dari satu kampung ke kampung lainnya dan akan diisi oleh perempuan desa secara langsung.
Jurnal Keliling Perempuan mengusung tema “Perempuan Menggugat Kedaulatan Pangan”. Dalam kegiatan ini mereka akan merekam dan mendokumentasikan kehidupan sehari-hari perempuan desa sebagai ibu, petani, anak, anggota organisasi dan bagian dari masyarakat dan pikiran perempuan mengenai kedaulatan pangan.
Dewi Amelia, Ketua Seruni menuturkan, 65% pangan Indonesia masih berasal dari impor yang seharusnya bisa diproduksi di dalam negeri. Selain itu, laju alih fungsi lahan di Indonesia sangat tinggi. Setiap tahunnya Indonesia kehilangan 10% lahan pertanian.
“Kedaulatan pangan tidak semata tersedianya pangan untuk kebutuhan rakyat, namun kedaulatan pangan adalah tersedianya pangan oleh produksi dalam negeri oleh kaum tani Indonesia dan berorientasi untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional,” tambah Dewi.
Dalam program tersebut, menurut Dewi, selain mendokumentasikan dan merekam pandangan, pikiran dan pengalaman pribadi perempuan desa, hasil penulisan Jurnal Keliling Perempuan ini akan diolah dan disebarluaskan kepada masyarakat, pembuat kebijakan dan pembuat opini sehingga mampu menjadi bahan acuan, masukan dan sumber informasi untuk menimbulkan kesadaran mengenai keadaan perempuan desa dan kedaulatan pangan dan kebijakan yang lebih baik untuk pertanian. Tidak hanya akan disebarluaskan di Indonesia, hasil penulisan Jurnal Keliling ini juga akan dibawa ke markas Organisasi Pangan Dunia (FAO) di Roma pada bulan Oktober mendatang dalam rapat Komite Ketahanan Pangan Dunia yang ke 41.
Sumber: http://kabarkampus.com/2014/08/seruni-keliling-indonesia-gugat-kedaulatan-pangan/

About ""

SERUNI atau Serikat Perempuan Indonesia adalah organisasi perempuan yang memiliki cita-cita kesetaraan gender dan kehidupan lebih baik bagi perempuan Indonesia.

1 komentar:

 
Copyright © 2013 SERUNI
Design by FBTemplates | BTT