BREAKING

Selasa, 18 November 2014

Seruni Tolak Penaikan Harga BBM

Serikat Perempuan Indonesia menolak rencana penaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi, karena penaikan harga itu diperkirakan membuat kehidupan kaum tani semakin sulit dan miskin.
"Subsidi itu adalah tanggung jawab negara, pemerintah salah menerapkan konsep subsidi. Sebagai tanggung jawab negara, maka semua rakyat berhak menikmati subsidi," kata Dewi Amelia, Ketua Seruni, saat dihubungi di Jakarta, Senin [25/8].
Menurut Dewi, penaikan harga bahan bakar tentu akan berpengaruh kepada kehidupan petani. Harga bahan pokok yang dibutuhkan petani melambung berkali lipat.
Sementara, hasil produksi pertanian mereka tak dihargai sebagaimana semestinya. Akibatnya, lebih besar pasak daripada tiang, artinya biaya produksi lebih besar dibanding hasil penjualan produk pertanian kaum tani.
"Desa itu kan jauh ke mana-mana, ketika kaum tani ingin membeli kebutuhan pokok, maka harganya melambung karena ongkosnya naik. Paling kena dampak penaikan harga itu ya desa," kata Dewi.
Pada Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara 2015, anggaran subsidi dialokasikan Rp 433,5 triliun. Untuk subsidi energi Rp 363,5 triliun dan non-subsidi Rp 70 triliun.
Khusus untuk subsidi bahan bakar adalah Rp 291,1 triliun dan inilah yang disebut membebani APBN dan terkesan akan membuat negara akan hancur apabila tidak dicabut. Solusi yang diwacanakan pemerintah untuk mengurangi beban APBN adalah menaikkan harga bahan bakar.
Kebijakan seperti ini juga sudah pernah dilakukan pada 2013, alasannya juga sama: membebani APBN. Itu sebabnya harga bahan bakar dinaikkan dengan tujuan mensejahterakan rakyat walau kenyataannya jumlah kemiskinan meningkat.
Pada 2013, subsidi bahan bakar adalah Rp 193,8 triliun, karena dianggap membebani, harga bahan bakar dinaikkan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik jumlah orang miskin ketika itu 28 juta orang, namun meningkat menjadi 30,250 juta orang akibat penaikan harga bahan bakar.

Foto :Antara/Rudi Mulya
sumber: http://geotimes.co.id/bisnis/bisnis-news/energi/8536-seruni-tolak-penaikan-harga-bbm.html

About ""

SERUNI atau Serikat Perempuan Indonesia adalah organisasi perempuan yang memiliki cita-cita kesetaraan gender dan kehidupan lebih baik bagi perempuan Indonesia.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 SERUNI
Design by FBTemplates | BTT