BREAKING

Senin, 13 April 2015

Seruni : Akademisi Jangan Jadi Kaki Tangan Imperialis


BANDUNG, KabarKampus – Serikat Perempuan Indonesia (Seruni) menyerukan kepada akademisi agar mengabdikan ilmunya untuk kesejahteraan rakyat. Bukan menjadi kaki tangan imperialis dengan melegimasi ekploitasi Sumber Daya Alam Indonesia.
Pernyataan Seruni ini terkait dengan dijadikannya para akademisi dari Universtas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai saksi ahli dalam perkara gugatan warga Rembang terhadap Gubernur Jawa Tengah yang mengijinkan kegiatan penambangan di Rembang. Para saksi ahli  ini dianggap telah mengamini penambangan yang oleh PT Semen Indonesia di Rembang.
“Mereka menyatakan bahwa pegunungan gamping di Rembang termasuk dalam kawasan karst muda yang masif, padat dan bersifat kedap air, batuan tersebut tidak mengandung air tanah, sehingga dapat dikelola termasuk untuk kegiatan penambangan dalam perkara gugatan warga Rembang terhadap Gubernur Jawa Tengah,” kata Dewi Amelia, Ketua Seruni kepada KabarKampus, Sabtu, (11/04/2015)
Padahal kata Dewi, di lapangan ditemukan ratusan mata air, gua, dan sungai bawah tanah yang masih mengalir dan mempunyai debit yang bagus, serta fosil-fosil yang menempel pada dinding gua.
“Lagi-lagi akademisi dan perguruan tinggi menjadi kaki tangan kapitalis untuk mencari legitimasi atas pengerukan SDA Indonesia yang jelas memiliki dampak negatif terhadap penghidupan rakyat” terang Dewi.
Dewi menegaskan, seharusnya perguruan tinggi dan akademisi berperan menjadi jembatan dalam mengatasi permasalahan dan problem pokok rakyat. Bukan sebaliknya, dengan pengetahuannya malah merugikan rakyat dengan berbagai penelitian yang menjadi legitimasi dalam pengerukan SDA yang hanya menguntungkan segelintir orang.
“Eksploitasi dan Eksplorasi terhadap SDA sejatinya juga merupakan eksploitasi dan eksplorasi terhadap SDM, karena beriringan dengan perampasan tanah, sumber daya alam, dan dijalankannya politik upah murah yang tidak memberikan jaminan kehidupan yang layak terhadap para pekerja,” ungkap Dewi.
http://kabarkampus.com/2015/04/seruni-akademisi-jangan-jadi-kaki-tangan-imperialis/ 

About ""

SERUNI atau Serikat Perempuan Indonesia adalah organisasi perempuan yang memiliki cita-cita kesetaraan gender dan kehidupan lebih baik bagi perempuan Indonesia.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 SERUNI
Design by FBTemplates | BTT