BREAKING

Selasa, 09 Juni 2015

Rilis SERUNI Mendukung Aksi FPR Riau


 
Salam Demokrasi!

Kedatangan pejabat tingkat nasional ke daerah selalu dipandang menjadi momentum baik bagi gerakan masyarakat sipil untuk menyampaikan tuntutan dan harapannya. Bertepatan dengan kedatangan sejumlah menteri dan pejabat tingkat nasional ke Riau untuk membahas mengenai konflik agraria dan kebakaran hutan, Front Perjuangan Rakyat Riau melaksanakan aksi demonstrasi. Aksi ini bertujuan untuk mengkampanyekan penghentian perampasan dan monopoli tanah serta pencabutan ijin bagi perusahaan pembakar hutan. Selain itu, FPR Riau juga berkeinginan untuk menyerahkan dua berkas perkara yang berisikan mengenai konflik masyarakat dengan PT. RAKA di Kabupaten Kampar dan kriminalisasi terhadap salah seorang petani yang dituduh melakukan pembakaran hutan

Namun, kedatangan pejabat negara selalu identik dengan pembelengguan hak rakyat untuk menyampaikan pendapat. Aksi FPR Riau pun sempat mengalami larangan dan ancaman pembubaran, namun dapat terus dijalankan setelah negosiasi alot yang didukung oleh keteguhan massa aksi. Upaya untuk menyerahkan berkas perkara pun mengalami kendala karena perwakilan massa aksi tidak diperbolehkan untuk masuk dan gerbang dikunci dengan rapat

Disaat itulah salah seorang massa aksi, Dedy Aditya berhasil melewati gerbang untuk menyerahkan berkas, kemudian disusul oleh salah seorang massa aksi lainnya, M. Halil yang hendak menemani. Namun Halil didorong dengan paksa oleh Satpol PP sehingga mengakibatkan Halil terjatuh dengan luka robek di tangannya akibat tertancap besi pagar yang patah. Tidak segera menolong Halil yang kesakitan ataupun segera membuka pagar menjawab permintaan massa aksi untuk menyelamatkan Halil, Polisi dan Satpol PP malah membiarkan Halil tanpa pertolongan selama kurang lebih 15 menit sebelum akhirnya membuka pagar sehingga Halil bisa dilarikan ke rumah sakit oleh massa aksi. Halil akhirnya harus dioperasi.

SERUNI memberikan dukungan kepada FPR Riau atas aksi dan kampanye yang dilaksanakannya yang merupakan aspirasi rakyat. SERUNI menuntut kepada Gubernur Riau dan Presiden Jokowi agar mendengar dan merespon tuntutan FPR Riau. SERUNI mengecam tindak kekerasan yang dilakukan oleh Satpol PP dan menuntut Gubernur Riau agar bertanggung jawab penuh atas pengobatan M. Halil sampai sembuh seperti semula.


Maju Terus Gerakan Massa!

CP :
Dewi Amelia, Ketua SERUNI +6281220294565
Helda, Ketua SERUNI Riau +6281328364574
Rendy Perdana Koordinator FPR Riau +6285227004500





About ""

SERUNI atau Serikat Perempuan Indonesia adalah organisasi perempuan yang memiliki cita-cita kesetaraan gender dan kehidupan lebih baik bagi perempuan Indonesia.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 SERUNI
Design by FBTemplates | BTT