BREAKING

Selasa, 27 September 2016

Rilis Pers Serikat Perempuan Indonesia (SERUNI) Dalam Peringatan Hari Tani Nasional ke-56

“Reforma Agraria Sejati adalah Jalan Bagi Pembebasan Perempuan!”

Segenap jajaran Serikat Perempuan Indonesia (SERUNI) mengucapkan Selamat Hari Tani Nasional ke-56 kepada seluruh kaum tani dan rakyat Indonesia. Hari Tani adalah momentum bersejarah bagi kaum tani dan bagi Rakyat Indonesia. Kami sampaikan penghargaan dan penghormatan terhadap konsistensi kaum tani dalam perjuangan untuk kehidupan bangsa yang lebih baik.

Perempuan adalah bagian dari rakyat Indonesia yang terus mengalami penindasan dan penghisapan berlipat akibat monopoli tanah. Budaya feodal patriarkal yang merendahkan perempuan terus mendapatkan tumpuannya untuk berkembang dan terus menekan perkembangan produktif kaum perempuan Indonesia, khususnya perempuan pedesaan.

Akibat pandangan feodal patriarkal ini, perempuan yang bekerja terus mendapatkan upah/pendapatan yang lebih rendah dari laki-laki; direndahkan, dilecehkan dan rentan kekerasan di tempat kerjanya; didiskriminasi dalam jenis pekerjaan dan jabatan yang bisa didapatkannya; dan tetap dipandang bertanggung jawab atas pekerjaan rumah tangga.

Sementara, kemiskinan dan jerat hutang terus menjadi persoalan bagi perempuan. Akibat minimnya pendapatan yang didapatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, banyak perempuan, khususnya perempuan pedesaan, melakukan banyak pekerjaan ekonomi dalam satu hari. Hal ini menciptakan kondisi perempuan tidak pernah berhenti bekerja, mulai dari mata terbuka hingga tidur kembali.

Perempuan berada dalam rantai kemiskinan yang terus menajam. Akibat keterdesakan ekonomi, banyak perempuan pedesaan yang terpaksa menjadi buruh migran dan menjadi sangat rentan mengalami kekerasan dan penipuan. Kemiskinan dan kemerosotan merupakan wajah nyata dari penghisapan dan penindasan yang bersumber dari monopoli tanah dan imperialisme.

Perjuangan kaum tani kerap berhadapan dengan kekerasan negara dan aparatnya. Kaum tani dikriminalisasi dan harus mendekam di balik jeruji besi, mendapatkan kekerasan dan intimidasi, bahkan kehilangan nyawa. Perempuan merasakan secara langsung kekerasan tersebut, bahkan mendapatkan beban berlebih karena harus menanggung beban tambahan akibat tindakan kekerasan negara dan aparatnya tersebut.

Perempuan membutuhkan perubahan yang nyata, yang akan merubah kehidupan menjadi lebih baik. Memiliki kehidupan layak dan bebas dari budaya feodal patriarkal. Inilah yang mendasari kepentingan perempuan pada terwujudnya reforma agraria sejati dan pembangunan industri nasional.
Reforma agraria yang dijalankan oleh Jokowi-JK saat ini adalah reforma agraria palsu yang tidak akan pernah menjadi solusi bagi persoalan kaum perempuan, khususnya kaum perempuan pedesaan yang memiliki permasalahan akibat monopoli tanah, perampasan tanah, liberalisasi pertanian, pencabutan subsidi publik, liberalisasi perdagangan dan buruknya layanan publik.

Pada Hari Tani Nasional yang ke-56 ini, SERUNI menyatakan sikap:

1. Hentikan perampasan tanah dan seluruh pemberian izin bagi perkebunan besar, penguasaan hutan, taman nasional, pertambangan besar yang telah menguatkan sistem monopoli tanah

2. Wujudkan reforma agraria sejati dan bangun industri nasional

3. Hentikan intimidasi, teror, kekerasan dan kriminalisasi terhadap kaum tani dan seluruh rakyat yang mempertahankan dan memperjuangkan hak demokratisnya

4. Turunkan sewa tanah, naikkan upah buruh tani, turunkan harga sarana produksi pertanian, turunkan bunga kredit pertanian, naikkan harga produk pertanian dan tolak impor produk pertanian asing


5. Akhiri kemiskinan dan perdagangan manusia serta berikan perlindungan sejati bagi buruh migran dan keluarganya

Hentikan perampasan upah, tanah, kerja!
Maju Terus Perjuangan Massa!
Maju Terus Perjuangan Perempuan!

Jakarta, 26 September 2016
Dewi Amelia (081220294565)

Ketua Serikat Perempuan Indonesia

About ""

SERUNI atau Serikat Perempuan Indonesia adalah organisasi perempuan yang memiliki cita-cita kesetaraan gender dan kehidupan lebih baik bagi perempuan Indonesia.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 SERUNI
Design by FBTemplates | BTT